Pengertian dan Jenis-Jenis Trimpot

Pengertian dan Jenis-Jenis Trimpot

Ayurvedacongress –┬áDalam fisika, beberapa konsep penting juga diperlukan untuk mengkonfigurasi rangkaian agar berfungsi, seperti induktansi, kapasitansi, dan resistansi. Konsep-konsep ini sangat mempengaruhi jalannya suatu rangkaian, Anda hanya bisa membayangkan ketika rangkaian PCB (Printed Circuit Board) di amplifier dan TV kehilangan salah satu komponen resistif, kinerja perangkat akan terganggu dan bahkan tidak akan bisa. untuk diputar Sebuah komponen yang banyak digunakan untuk sifat resistifnya adalah Trimpot.

Pengertian Trimpot

Pengertian Trimpot adalah potensiometer yang lebih kecil yang umumnya digunakan untuk mengatur nilai resistansi tertentu sesuai kebutuhan. Pada dasarnya, trimpot berarti pot trim, yang merupakan resistor variabel kecil. Biasanya, banyak potensiometer juga digunakan dalam rangkaian elektronik sebagai alat untuk penyesuaian atau kalibrasi ulang. Seperti halnya potensiometer, potensiometer juga memiliki 3 pin. Selain persamaan tersebut, pengoperasian potensiometer hampir sama dan hampir mirip dengan potensiometer, hanya saja pada potensiometer terdapat pegangan untuk memutar atau mengubah, sedangkan potensiometer tidak. Untuk mengatur nilai resistansi potensiometer, Anda dapat memotongnya dengan obeng pemotong.

Jenis-Jenis Trimpot

Sederhananya, jenis pot dapat dilihat langsung dari nilai resistansi maksimum yang dapat dicapai, seperti pot 1k, pot 10k, pot 50k, dll. Berdasarkan jenisnya, trimpot dibedakan menjadi dua jenis, yaitu Trimpot Single Twist dan Trimpot Multi Twist.

Potensiometer satu putaran adalah jenis potensiometer yang paling umum digunakan karena harganya yang relatif rendah dan digunakan jika resolusi satu putaran cukup. Sedangkan Multi Turn Trimpot digunakan untuk mencapai hasil yang akurat dengan resolusi putaran yang lebih tinggi.

Potensiometer putaran tunggal dirancang dengan penggerak langsung untuk penyesuaian resistansi dan cocok untuk aplikasi seperti input data untuk peralatan digital di mana presisi tidak diperlukan. Sementara itu, potensiometer multi-putaran memungkinkan penyesuaian yang lebih halus dan memberikan rasio penyesuaian yang lebih cepat dari waktu ke waktu daripada potensiometer satu putaran. Potensiometer multi-putaran terdiri dari tiga jenis penggerak, yaitu lead screw, worm gear, dan planetary gear. Potensiometer multi-putaran roda gigi cacing memiliki jalur pengikis linier, sedangkan jenis roda gigi planet dan roda gigi cacing memiliki pengikis melingkar. Jenis potensiometer multi-putaran cocok untuk aplikasi yang membutuhkan penyesuaian resistansi yang baik.

Nilai resistansi pada potensiometer biasanya dicetak atau ditulis langsung pada badan potensiometer. Beberapa nilai tersebut menggunakan kode angka yang sama seperti pada kapasitor/kapasitor misalnya ditulis 472 atau mungkin 103. Cara membacanya juga sama dengan membaca nilai kapasitor atau kapasitor yaitu 472 berarti 4700 ohm dan 103 berarti 10.000 ohm (10k).

Fungsi Trimpot juga memiliki kemiripan dengan Potentio, namun terkadang berbeda karena Trimpot sering dipasang langsung pada PCB. Contoh penggunaan Trimpot sering kita temukan di sirkuit RGB sebagai penyesuaian warna di televisi berwarna dan sebagai penyesuaian kecerahan dan kontras di bawah.

Referensi:

Kelas PLC